Sabtu, 29 Juni 2013

Festival Membuat Patung Pasir Dameisha

Dameisha International Sand Sculpture Festival (Festival Membuat Patung Pasir Dameisha) merupakan salah satu festival menarik yang ada di kota Shenzhen. Festival membuat patung diPantai Dameisha ini merupakan festival seni, yang diikuti oleh para pembuat patung dan pemahat di seluruh dunia. 
http://cina.panduanwisata.com/files/2012/08/human-sand-sculpture.jpg 
Karya-karya mereka dipajang di pantai ini selama beberapa hari. patung-patung yang dibuat oleh para seniman ini sangat mengagumkan. Saat festival ini berlangsung, banyak dari para wisatawan yang menyaksikan pembuatan patung –patung tersebut, tak jarang pula dari mereka yang mengambil gambar dari karya patung-patung yang dibuat oleh seniman tersebut. Adapun bentuk patung-patung yang dibuat oleh para seniman tergantung pada tema festival yang diadakan setiap tahun itu.
http://cina.panduanwisata.com/files/2012/08/200609280016_67628.jpg 

Misalnya pada tahun 2001 saat festival ini pertama kali diadakan, festival ini bertemakan “Sejarah”. Para pemahat segera membuat rancangan patung yang akan mereka garap. Waktu untuk membuat patung-patung pasir tersebut berkisar antara 5 hingga 7 hari. Festival ini tidak hanya untuk hiburan saja, namun juga berhadiah. Jangan ditanya soal hadiahya, karena pasti anda akan kaget! Hadiah utamanya adalah uang tunai sebesar $4000. Waow! Sebuah angka yang sangat fantastis. Saat pertama kali digelar, yang menjadi juara festival ini adalah seorang dari Cina, yang bernama Zhang Yongkang. Beliau merupakan seorang seniman yang telah lama bergelut di bidang seni. Karyanya yang menjadi juara saat itu adalah “Legends of All Eras”.

http://cina.panduanwisata.com/files/2012/08/2335dameisha_1.jpgPatung “Legend of All Eras” merupakan patung yang berbentuk burung elang yang mengepakkan sayap, yang melambangkan sejarah perjuangan Cina. Ada pula karya-karya lainnya yang tak kalah mengagumkan, diantaranya patung dewi bulan, patung piramida, dan lain sebagainya. Sejak pertama kali diadakan, festival ini selalu ramai pengunjung, baik lokal maupun mancanegara. Karya-karya yang ditampilkan setiap tahunnya selalu memukau para juri dan pengunjung. Tiap tahun, dari festival ini juga melahirkan seniman-seniman yang terkenal. Australia, Jepang dan Inggris merupakan negara-negara yang setiap tahun mengikuti festival ini.
 http://cina.panduanwisata.com/files/2012/08/sand-sculpture-pic-15.jpg



 http://cina.panduanwisata.com/files/2012/08/sand-sculpture-pic-13.jpg 

Jika anda tertarik untuk melihat patung-patung pasir yang menakjubkan ini, anda dapat datang ke pantai ini antara bulan September hingga Oktober setiap tahunnya. Selain bulan-bulan tersebut, anda juga dapat berjemur dan bersantai sambil menikmati pemandangan pantai yang indah, dengan lautan biru yang jernih.(http://cina.panduanwisata.com)
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar