Sabtu, 20 Juli 2013

10 Gunung Berapi Paling Menakjubkan di Dunia

10 Gunung Berapi Paling Menakjubkan di Dunia


Gunung adalah penopang bumi, namun gunung berapi sendiri masih merupakan kekuatan alam yang dapat mengintimidasi dan membingungkan kehidupan manusiaLetusan gunung menyemburkan lahar panas, lava bebatuan, debu hingga berkabut gelap bahkan dapat mengakibatkan penyakit bagi manusia. Dari sekian banyak gunung berapi terdapat beberapa yang sangat luarbiasa berdiri kokoh di bumi ini.

Berikut 10 Gunung Berapi Paling Menakjubkan yang Berdiri Kokoh di Bumi:

#10. Gunung Bromo

Gunung Bromo diantara Pegunungan Hijau di Jawa Timur. Gambar: touropia.com





Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif dan massif terletak di Jawa Timur. Pada Ketinggian 2.329meter (7.641 kaki). Memang Gunung Bromo bukan puncak tertinggi gunung massif, tetapi merupakan gunungyang paling terkenal di Indonesia. 

Daerahnya adalah salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di JawaBagian atas gunung berapi telah tertiup angin dan dalam kawah terus menghembuskan asap belerang putih. Gunung dikelilingioleh Laut Pasir pasir vulkanik halusSesuatu yang tidak wajarterutama bila dibandingkan dengan kesubuanrlembah hijau di sekitar Gunung Tengger.

#9. Gunung Krakatau

Gunung krakatau

Krakatau (Gunung Krakatauadalah sebuah pulau vulkanik antara Jawa dan SumateraLetusan gunungKrakatau pada tanggal 26-27 Agustus tahun 1883 merupakan salah satu peristiwa vulkanik paling kejamdalam sejarah modern yang pernah direkam

Letusan itu setara dengan 200 megaton TNT-sekitar 13.000 kali hasil nuklir bom atom yang menghancurkanHiroshimaParoksisma Ledakan itu jelas terdengar hingga Perth di Australia Baratsekitar 1.930 mil (3.110km) jauhnya. Pada tahun 1927letusan kecil yang disebabkan Anak Krakatau ("Anak Krakatau") bangkit darilautdan pulau vulkanik yang muncul terus tumbuh pada tingkat rata-rata 7 meter per tahunLetusan terbaruAnak dimulai pada 2008 April dan berlanjut hari ini.

#8.  Gunung Arena
Gunung Arena

Gunung Berapi Arenalmerupakan gunung berapi paling aktif di Kosta Rika, yang terletak 90 km (56 mil)utara-barat dari San José. Gunung Arenal naik 1.657 meter di atas permukaan laut dan menghadap DanauArenal 

Hal ini dianggap sebagai geologis gunung api muda dan usianya diperkirakan kurang dari 3.000 tahunPada tahun 1968 Arenal meletus dan menghancurkan kota kecil TabacónKarena letusan tiga kawah diciptakan di sisi-sisi barat tetapi hanya satu dari mereka masih ada hingga sekarang.

#7. Gunung Etna

Gunung Etna

Gunung Etna adalah gunung berapi aktif terbesar kedua di Eropasaat ini berdiri dengan ketinggian 3.329meter (10.922 kaki)dengan letusan bervariasi di puncak gunungGunung ini 21 meter (69 kaki) lebih rendahsekarang daripada pada tahun 1981

Terletak di pantai timur Sisiliatanah vulkanik yang subur mendukung pertanian ekstensifdengan kebun-kebun anggur dan kebun yang tersebar di lereng bawah gunung dan dataran luas Catania ke selatan.

#6.  Gunung Osorno

Gunung Osorno

Gunung berapi Osorno memiliki ketinggian 2.652 m (8.701 kakidengan kerucut tinggi terletak di Lagoswilayah Los ChileGunung ini berdiri di pantai tenggara Danau Llanquihuedan juga berbaring di atas Todoslos Santos Lake. 

Osorno dikenal di seluruh dunia sebagai simbol dari lanskap lokaldan terkenal karena penampilan yang miripdengan Gunung FujiOsorno adalah salah satu gunung berapi paling aktif dari Andes Chili selatandengan 11letusan sejarah tercatat antara 1575 dan 1869. Lava mengalir dihasilkan selama letusan ini mencapai keduaLlanquihue dan Todos los Santos Lakes.

#5.  Gunung Vesuvius

Gunung Vesuvius

Gunung Vesuvius terkenal karena letusan di tahun 1979 yang menyebabkan penghancuran kota-kota Romawi Pompeii dan Herculaneum dan kematian 10.000 sampai 25.000 orangGunung ini telah meletus beberapa kalidan saat ini dianggap sebagai salah satu gunung berapi paling berbahaya di dunia karena terdapat penduduk3.000.000 orang yang tinggal di dekatnya. Ketinggian kerucut utama telah terus-menerus berubah olehletusan namun saat ini setinggi 1.281 m (4.202 kaki).

#4. Gunung Kilauea

Gunung kilauea

Kilauea adalah yang terbaru dari serangkaian gunung berapi yang telah menciptakan kepulauan Hawaii.Gunung ini sangat rendahdi  dataran sangat berbeda dengan gunung lainnya yang menjulang tinggi, puncaktajam miring stratovolcanoes seperti tampak pada gambar. 

Kilauea adalah salah satu gunung berapi paling aktif di bumisumber tak ternilai bagi vulkanologiTiga puluh tiga letusan telah terjadi sejak tahun 1952tidak termasuk letusan saat ini yang dimulai pada 3 Januari tahun 1983 dan masih berlangsung.

#3. Gunung Fuji

Gunung Fuji

Gunung Fuji adalah gunung tertinggi di Jepang dengan ketinggian 3.776 meter (12.388 kaki)Gunung berapiyang sangat simetris kerucutnya menjadi simbol terkenal negara Jepang dan sering digambarkan dalam senidan foto-fotoserta dikunjungi oleh pelancong dan pendaki

Saat ini gunung fuji diklasifikasikan sebagai aktif dengan risiko rendah letusanYang terakhir tercatat letusanterjadi di tahun 1708Sebuah atraksi wisata yang populerdiperkirakan 200.000 orang mendaki Gunung Fujisetiap tahun30% di antaranya adalah orang asingPendakian ini bisa berlangsung antara tiga dan delapanjam sementara menuruni gunung fuji dapat berlangsung dari dua sampai lima jam.

#2.  Gunung Mayon

Gunung Mayon

Gunung berapi Mayon terkenal sebagai "Perfect Cone" atau bentuk kerucut yang sempurna karena bentuknyahampir sempurna berbentuk kerucutLereng atas gunung berapi ini menakjubkan dengan kecuraman curamrata-rata 35-40 derajat dan dibatasi oleh sebuah kawah puncak kecil

Sisi-sisinya berupa lapisan lava dan material vulkanik lainnyaMayon adalah yang paling aktif dari gunung berapi aktif di Filipina, setelah meletus lebih dari 49 kali dalam 400 tahun terakhirYang paling merusakLetusan Mayon terjadi pada 1 Februari 1814 membombardir kota-kota terdekat dengan batuan vulkanik,menewaskan 2.200 penduduk setempat.

#1.  Gunung Kilimanjaro

Gunung Kilimanjaro

Gunung Kilimanjaro adalah stratovolcano yang saat ini tidak aktif lagi di Tanzania utara-timurdekat perbatasan dengan Kenya. Memiliki ketinggian 5892 meter (19.331 kakidi atas permukaan lautKilimanjaroadalah puncak tertinggi Afrika dan gunung yang berdiri bebas tertinggi di dunia

Dengan demikian Kilimanjaro telah menjadi tujuan utama bagi pendaki gunung dan trekker dari seluruh dunia.Meski diposisikan dekat dengan khatulistiwaGunung Kilimanjaro terkenal sebagai gunung yang tertutup saljuAfrika menjulang di atas dataran padang rumputPuncak gunung telah terlihat turun karena penutupangletser di tahun terakhir.

Luar biasa "Awosome" itulah kata yang bisa kita ungkapkan untuk menggambarkan gunung-gunung tersebut. Gunung berapi yang menjadi sebuah misteri ilmiah yang telah membuat penduduk disekitarnya ketakutan, namun juga memberi kesuburan bagi tanah sekitar dan menjadi pusat keseimbangan bumi akan kehadirannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar