Jumat, 12 Juli 2013

8 Dongeng Paling Fenomenal Sepanjang Masa

8 Dongeng Paling Fenomenal Sepanjang Masa


1. Cinderella dan sepatu kaca

Siapa yang tidak pernah mendengar dongeng yang satu ini. Dikisahkan seorang anak gadis yatim piatu yang sederhana, cantik bernama Cinderella. Ia hanya dijadikan pembantu oleh ibu tirinya. Dengan kekuatan peri, ia berubah menjadi cantik. Ia mengenakan gaun indah dan sepatu kaca yang hanya bisa bertahan sampai jam 12 malam. Tak disangka kecantikan Cinderella mampu memikat pangeran tampan. Kisah ini membuat banyak wanita di dunia iri.

2. Putri Salju dan tujuh kurcaci

Siapa pun tidak akan bisa melupakan kecantikan putri salju yang tewas akibat apel beracun. Kemudian dia bisa hidup kembali dengan ciuman tulus dari pangeran tampan. Putri Salju sengaja dibunuh oleh ratu jahat karena iri akan kecantikannya. 

Dongeng ini terkenal dengan ucapan ratu yang selalu bertanya pada cermin ajaib. "Cermin, siapa wanita yang paling cantik di dunia ini?". Dan cermin pun menjawab wanita tercantik di dunia adalah putri salju. Hal tersebut yang membuat ratu geram dan ingin menghabisi putri salju.


3. Putri tidur

Aurora adalah seorang putri raja yang tidur selama seratus tahun akibat kutukan peri jahat. Ketika dia lahir, dia dikutuk oleh peri jahat akan tertidur selamanya jika jarinya tertusuk jarum. Oleh karena itu Raja dan ratu melenyapkan semua alat menjahit di negaranya. Namun masih ada satu alat jahit di ruangan bawah tanah istana. 

Ketika beranjak dewasa, Aurora mendatangi tempat tersebut dan akhirnya jarinya tertusuk jarum. Dia dan seluruh istana kemudian tertidur akibat kutukan. Hanya pangeran tampan yang berhati mulia yang bisa membangunkan Aurora.


4. Si cantik dan si buruk rupa

Kisah ini mempunyai pesan moral bahwa kita tidak bisa menilai seseorang dari wajahnya saja. Bella merupakan seorang gadis cantik yang dengan tulus mencintai manusia serigala. Karena ketulusannya itu lah manusia serigala tadi berubah wujud menjadi pangeran tampan. Ternyata pangeran tersebut pernah mendapat kutukan karena kelakuanya yang angkuh, sehingga ia berubah menjadi manusia serigala yang buas.

5. Hansel dan Gretel

Hansel dan Gretel adalah kisah seorang kakak dan adik yang mengembara ke hutan dan tersesat. Kemudian datang penyihir jahat yang ingin menakuti mereka dengan membangun rumah permen. Dia dimanjakan dengan banyaknya kue agar tubuhnya menjadi gemuk. Sayang hal itu hanya tipu muslihat agar mereka bisa dimangsa nenek sihir. Tapi kecerdikan Hansel dan Gretel mampu lepas dari cengkraman nenek sihir yang jahat.

6. Gadis berkerudung merah

8 Dongeng paling fenomenal sepanjang masa
Suatu hari ada seorang gadis kecil mengenakan kerudung merah yang berniat menjenguk neneknya yang sakit. Di tengah perjalanan, ada serigala licik yang ingin memangsanya. Kemudian serigala ini menyamar sebagai neneknya. Beruntung, gadis ini pemberani sehingga bisa lolos dan menyelamatkan neneknya.

7. Putri duyung

Kisah ini cukup tragis dan mempunyai banyak versi. Dikisahkan seorang putri duyung yang jatuh cinta pada seorang pangeran. Versi pertama, putri duyung rela menukar sirip dan suara indahnya demi sepasang kaki agar bisa hidup di darat dan menemui pangeran. Dan masih banyak versi lainnya dan sudah difilmkan.

8. Aladdin dan lampu ajaib

Aladin, pria biasa yang menjadi luar biasa karena memiliki lampu ajaib. Dengan bantuan jin dari lampu ajaib tersebut, dia mampu menyelamatkan raja dan putri cantik dari kejahatan Jafar, yang tak lain tangan kanan raja. Akhirnya, Aladin bisa bersatu dengan Yasmin, si putri raja yang cantik.
Dongeng tersebut sangat berkesan sehingga sampai sekarang kita masih ingat (merdeka.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar